Arisan Baca Tulis Ajak Ibu-ibu Keputih TInja Memerangi Buta Aksara

7:40 PM



Enam puluh delapan tahun usia kemerdekaan Indonesia, namun Indonesia masih belum juga terbebas dari buta aksara. Bahkan Indonesia diklaim sebagai negara dengan jumlah buta aksara terbesar di dunia (Kementrian Pendidikan Nasional, 2012). Dan ironisnya 64 persen diantaranya, yakni 5,1 juta jiwa penderita adalah perempuan (www.voaindonesia.com, 2012) dengan rata-rata berusia 35-65 tahun (www.republika.co.id, 2009).

Berangkat dari keprihatinan ini, empat mahasiswa ITS yakni Hamida, Sony, Arizky, dan Putri, ingin merubah kondisi Ibu-Ibu yang merupakan guru rumah tangga agar dapat membaca dan menulis melalui program Arisan Baca Tulis. Arisan Baca Tulis, merupakan program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan di wilayah Keputih Tinja, Sukolilo, Surabaya. Program ini adalah wujud realisasi dari Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai oleh DIKTI.


Keputih Tinja dipilih karena berdasarkan survei, mayoritas penduduknya yang sebagian besar bekerja sebagai pemulung dan tukang becak tidak bisa membaca dan menulis. “membaca aja tidak bisa, apalagi menulis,” ujar Mbak Rully, salah satu koresponden yang diwawancarai Tim.

Pada umumnya, sebagian besar masyarakat di sana memang telah putus sekolah. Tidak hanya itu, kondisi ekonomi yang tergolong keluarga pra sejahtera menyebabkan mayoritas penduduk di sana cenderung nrimo atau tidak bisa mempertahankan hak mereka.

“Kami berharap, melalui program ini, kami bisa memberdayakan Ibu-ibu agar dapat menularkan ilmunya kepada keluarga mereka masing-masing. Apalagi, tahun 2015 adalah era globalisasi yang deras atau disebut AEC, sehingga mencerdaskan bangsa sendiri adalah wajib hukumnya bagi kami,” ujar Hamida selaku ketua tim.

Arisan Baca Tulis tidak sekedar program untuk Ibu-ibu agar bisa membaca dan menulis. Lebih jauh lagi, adalah harapan untuk bangsa Indonesia untuk mentas dari kebodohan dan buta aksara. (Ar)

You Might Also Like

1 comments

  1. aq minta maaf terlebih dahulu,ini kisah nyatah aku,ini aq seorang pedanga sukses dan aku udah berrumah tangga and punya anak 1,semakin sukses aq dulu selalu main judi besaran tapi lama kelamaan aq bangkrut gara2 judi,dan sekaran aku punya hutang banyak di bank ama keluarga,sekaran aku stres,pusing gara mikirin itu,tapi syukur ada tmn beri petunjuk kepada aq berhubungan dunia gaib melalui bantuan atas nama kisongo dengan nomornya beliau 085 217 519 919 tp aq ikuti saran aki songo selama seminggu,syukur alhamdulillah aq ikut namanya bank gaib,cuma butuh 3hari uang gaibnya cari dan aku bisa bayar hutang dimana dan sisanya untuk bangkit dagan lagi bagi saudara mau seperti aq ini ada blog akinya di www.paranormal-kisongo.blogspot.com ingat saudara kalau ada berbicara ama beliau harus sopan ya dan jagan bilang kalau aq yang sebarkan nomornya,mudahan ini bisa bermamfaat.terima kasih

    ReplyDelete