Tes kerja Angkasa Pura - interview user

11:11 PM

Good evening

I just feel pleased tonight.

So, let you know me, I have graduated from architecture ITS, baru september di wisuda, uda lama ya lumayan :". so, disini saya bakal cerita lengkap mengenai Recruitment Angkasa Pura, semoga bermanfaat ya :)

For Architecture graduate, there is two way, you can choose your work, satu! kalian bisa pilih mau jadi arsitek beneran, maksud lo? wkwk maksudnya yaa arsitek yang bener-bener arsitek, ini kita bisa nyoba kerja di konsultan, begitu,. atau yang kedua juga bisa nyoba kerja di kontraktor, developer, properti atau campuran dari keduanya. eits, bukan berarti yang ga kerja di konsultan bukan arsitek beneran lo ya, lol haha maybe pekerjaan jenis kedua ini lebih banyak digabungkan dengan berbagai hal dan lebih luas ilmunya. begitulah...

Well, karena sejatinya saya juga menginginkan pengalaman yang lebih, so I make decision to apply one of BUMN company, I try to apply Angkasa Pura for architecture major.
I don't know, dari berbagai hal saya menyimpulkan kalau pihak perusahaan ini tidak sangat bersifat transparan, but let you know the detail first..

Okay, saya apply, banyak hal yang harus diisi, dari mulai nama, profil, pekerjaan/ pengalaman sebelumnya, nilai toefl, riwayat organisasi, juga banyak data yang harus di upload, yang paling saya ingat adalah SURAT keterangan sehat jasmani-rohani.

dikira saya lagi ga sehat apa buk? :" wakaka
sebenernya saya punya surat keterangan sehat, cuman hanya dari puskesmas. yap, masalahnya yang tertulis adalah berasal dari rumah sakit pemerintah. dari pada saya salah, finally saya check lagi. dan saya memutuskan untuk bikin surat di RSUD dr. sutomo, saya masih ingat bener kalo waktu itu saya bikinnya pada hari jumat, dan you know lah kalo jumat itu waktu kerjanya mepet, jadi yaa, pagi- pagi uda kesana, masuk lantai 2 ke MCU, eh ternayata uda banyak banget yang antri, So, pelajaran pertama jangan pernah nunda deh, masalah daftar mendaftar, sumpah kudu prepare banget dari awal, apalagi nih, kalo emang perusahaan yang gede.

Lanjut.
Yak karena aku ngiranya cuman butuh surat sehat dan anti narkoba, ya sudah selesai diperiksa saya pulang. waktunya membayar periksa"yang begitu aja" dan bayar 50.000, iya bener 50 ribu, kalo 5 ribu mah waktu bikin di puskesmas hahaha, jauh ya :'' bangeeeet

menuju ke lantai empat, buat tes anti narkoba, disuruh pipis di botol kecil dan kudu pipis, iyap kudu banget. Kalo gabisa gimana? ya ga dapet suratnya :' emang gitu.. lanjut nunggu kira-kira 5 menit dan dapet deh suratnya. Merasa kelar, ya sudah saya memutuskan untuk pulang. sesampai di kampus, ternyata aku baca lagi kok ada yang aneh, masih ada kejanggalan, ada apa dengan kata ROHANI setelah jasmani, wuutt, apa bedanya jasmani sama rohani, rada bego juga sumpah wkwk mulai deh saya tanya-tanya ke banyak orang, fyi itu aja sudah menunjukkan jam 2. Saya tanya ke satu temen dan mereka berkata emang beda!! Beda!! BEDAAA

what the..

jadi surat saya masih kurang..
oh noooo
so, saya mau balik lagi nih ke rumah sakit dr. sutomo, eeh ada info bakal tutup, what... itu berita bikin sekarat aja! dan paling bikin nyesek adalah ini hari udah jumat aja, senin besok uda nutup sis pendaftarannya, jadi waktunya tinggal sampai sabtu dan minggu ini.

pertanyaan selanjutnya apa iya masih ada rumah sakit yang buka di sabtu minggu ini
mulai panik
ketar ketir
wahahah

jadi akhirnya saya browsing di blog orang, dan alhasil alhamdulillah kalo masih ada yang buka di hari sabtu, tapi tau ga sih kalo yang buka itu tempatnya ada di sidoarjo RSUD sidoarjo. yasudahlah namanya juga usaha, saya kesana deh besoknya, nyampe sana saya tanya dan daftar, eh ternyata sama, :" untuk bikin surat rohani diperlukan waktu sekitar 3 hari sampai selesai, dan biaya nya lumayan juga 175 ribu apa ya, 125 ribu buat tesnya dan 50 ribu buat adminnya

Lemes deh jantung!
percuma dong kalo aku ambil toh gabisa jadi di hari minggu, jadi saya batalkan
dan nothing harapan buat saya :" sedih pake banget!!

hahaha
tapi tetep aja daftar lah ya

lama setelah mendaftar sekitar 2 minggu pengumuman tiba
dan saya LOLOS, kaget setengah mati
subhanallah, ajaib
hahaha

ternyata yang bikin syok kedua adalah tes psiko tahap1 bertepatan dengan jadwal wisuda
what the...
ajaib
sangat ajaib, penuh tantangan
masih abu-abu karena pengumumannya belum ada jam nya
dan alhamdulillah setelah ada, ternyata pas banget! saya tes nya jam 2 pm
jadi saya masih bisa wisuda, dan nemuin temen-temen kurang lebih 1 jam lah

psikotes dimulai,
jam 13.30 saya sudah berangkat dan jika anda tahu kalo keadaan di jalan sangat sangat macet!!
14.30 baru tiba, pake lari :"(
tapi alhamdulillah baru nyampe dan langsung dimulai,

Sabtu, 24 september, hari yang lumayan deg deg an wkwk
karena malamnya juga langsung nunggu pengumuman,

alhamdulillah, LOLOS
lanjut ternyata besoknya langsung tahap ke 3
namanya tes psikotes tahap 2
tes ini lebih banyak tentang diri, karakter, menggambar 8 kotak, pohon, orang dll
begitulah tidak sangat sulit
dan diharuskan menunggu 2 jam untuk ke tahap tes berikutnya

LGD

yap, sempet deg deg an karena belum pernah tes beginian, Leadership Group Discussion
jadi ini adalah tes diskusi, kita masuk dalam bilik yang sempit, hmm mungkin ini berukuran 2 x 1,5 meter, diberikan satu case permasalahan dari pihak PSIKOLOG, hanya selembar kertas, kita disuruh baca. Inget ya, interviewer adalah masih seorang psikolog bukan user, dia kemudian memberikan intruksi agar kita ber empat berdiskusi dan dia hanyalah memperhatikan apa yang di diskusikan, the last ada kesimpulan dari pertanyaan yang diberikan dari kita.
Buat yang mikir kudu sok tingkat tinggi dan pinter banget buat jawab, ga perlu, buat yang belajar dulu case perusahaan biar ga keliatan bodoh gitu, ga perlu juga wkwk.. Karena menurutku bagaimana sikap kita dalam berdiskusi mungkin itu kuncinya, kenapa? karena apa yang dipelajarin coba, orang case nya murni dari sana. So, di buat santai saja, posisikan diri kita seperti bermain dalam diskusi yang biasanya, jadi hati-hati buat yang suka kasih intruksi, buat yang suka jadi notulen, buat yang keras kepala atau yang diem aja, semuanya bakal diawasin sih sama psikolognya,

2 minggu setelahnya ada pengumuman
dan alhamdulillah lagi saya LOLOS
masuklah ke tahap interview user
...

bersambung
^^

You Might Also Like

1 comments