Kami Pemandu, LKMM TM 2016

4:17 AM

REFORMASI



"satukan mimpi dalam aksi inisiator cinta untuk peduli KM ITS"





banyak yang menyuarakan perubahan, tapi tak banyak yang mau peduli, banyak yang sadar bahwa memang ada kesalahan tapi hanya diam yang dilakukan, kadang pula banyak yang ingin bergerak tapi tak tau bagaimana, hidup ini memang tak semudah membalikkan tangan, tapi tak serumit benang layangan, hahaha ketawa saja dengan ini, banyak yang berkomentar tapi tak banyak yang memberikan solusi, banyak yang berbicara, hah tapi emang paham akar permasalahannya? haha sekali lagi saya hanya bisa tertawa, kampus ini memang rumit, dengan segala persoalannya, mau bungkam? mungkin ini memang jalan terbaik, tapi no, saya tak mau, trus mau apa? memberikan komentar di kanvas maya yang tak berujung tindakan? no, bagi saya tetap no. Tetap diam dan membiarkan dengan segala api dan goresan rautan wajah sendu yang makin memuncak dalam persoalannya? hahaha bukan, dari dulu saya tak paham dengan beberapa orang yang suka dengan kejadian "melama-lamakan" dengan bawaan yang sok tau dan sok pintar dengan segala tindak tanduknya. seakan-akan dia paham dengan semuanya, tapi kalo ditanya, emang situ mau merubah? saya yakin sembilan puluh persen orang tadi pun akan menyalahkan keadaan, sebuah sistem dan segala tetek bengek di lingkungannya. saya hanya berkomentar bahwa dengan hal itu tak bisa mengubah semuanya. sekali lagi, gerak! bergeraklah! berlarilah sekencangnya! lakukan dengan tindakan! jangan seenaknya! jangan semaunya!

bagi saya, sebuah pemikiran baru akan muncul ketika keadaan sudah menuntutnya, sebuah lingkungan bisa mempengaruhinya, yang terdekat adalah yang bekerja, sebuah kontribusi nyata, melahirkan sebuah generasi baru, membuka sebuah pola pikir, yang mungkin lupa untuk digali, atau sengaja dilupakan tak pernah digali, tak lebih baik ketika membuka lagi dan mengajak untuk sama-sama sadar, bahwa masalah yang ada dihadapan kita adalah bukan masalah mereka, dia atau kamu, tapi kita, kita, masalah kita bersama. yak dari sinilah awal mula, kenapa saya tertarik pada tatanan ini, sebuah wadah yang dengan begitu efisien dan cepatnya melahirkan generasi baru yang tangguh dan pandai, secara tidak langsung akan ada orang yang mau untuk berjuang dan menata lagi, satu orang membawa perubahan, satu orang membawa kebaikan, satu wadah melahirkan banyak pemikiran, entah mungkin hanya bisa dibayangkan, bagaimana bila banyak orang yang dilahirkan, kebaikan akan tersebar, dan semua akan sadar, bahwa dengan bersama-sama dan sebuah niat yang baik untuk meluruskan akan datang pada waktunya. 

sistem yang rumit di kampus akan tak lagi rumit, ketika memang benar pada tempatnya dan semua terkendali dalam sikapnya. hanya menghitung berapa banyak pengaruh dan kebaikan bila hal yang benar memang dijalankan pada haknya. Kawan, saya hanya bisa tersenyum, sebuah keluarga yang bekerja gigih profesional dengan segala konsekuensi yang saya yakin, kalian adalah para kader yang tak hanya sibuk tapi yang mau meluangkan waktunya, itu sudah cukup membuat saya tertegun, saya berani bilang bahwa ini adalah wadah "organisasi" yang paling profesional yang saya ikuti, sebuah komitmen tinggi, bekerja dan penyeimbangan antara segalanya, tiga minggu berturut turut dengan lima hari kerja non stop dan hanya menyisakan dua hari kerja dengan tetap memikirkan persiapan di minggu selanjutnya, sebuah pelayanan tangguh, pembelajaran ampuh tentang keikhlasan dan  kerja keras. 

terima kasih dengan semua ini, sebuah usaha total yang tak mungkin akan dilupakan, sebuah kontribusi nyata, kecil untuk kampusku sebelum memulai jenjangku yang baru, kontribusiku untuk indonesia. banyak pelajaran yang diambil, mengajarkan tentang sebuah niat, membiasakan, keikhlasan dan kebahagiaan, niat yang tulus akan hadir ketika yang bekerja tidaklah tindakan tapi hati juga tak luput berperan, mungkin namanya sudah berubah, saya cinta, saya peduli, dan saya mau, karena saya suka, hati saya merasa terpanggil, entah apa orang bilang pada saya, sekali lagi saya tak mau tau. Satu lagi disinilah saya juga belajar tentang membiasakan, saya merasa hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, ketika beban sudah menjadi tanggung jawabmu, yang harus kau lakukan, dengan tanpa sadar akan masuk ke alam bawah sadarmu dan mereka mencoba berteriak, mendorong secara keras, dan hal ini kau lakukan berulang kali, ya ini akan berubah percayalah.

keikhlasan adalah ketika kau melakukan suatu hal karena kau rela dengan keadaan tersebut tanpa memikirkan keadaan yang lain dan apa yang sedang dilakukan orang lain. haha saya akan ketawa lagi jika dalam hal ini, saya masih menemukan beberapa orang yang merasa iri dengan yang bukan urusannya, sudah ikhlas lah, jangan liat posisi yang lain, kalau ini memang bisa dilakukan, lakukanlah :) lihatlah senyum mereka, senyum mereka saat mereka tertawa bersama-sama dalam kehangatan canda tawa, kami seakan keluarga, bersyukurlah karena kami memang sedang bahagia :)
















Sekian
^^

You Might Also Like

0 comments